Info dan Tips

5 Bisnis Mudah yang Cocok dan Menguntungkan untuk Mahasiswa

Buat kamu para mahasiswa yang masih kuliah, biasanya seorang mahasiswa dituntut untuk selalu mempunyai gagasan yang kreatif, beda dan berani. Karena faktanya tren bisnis anak muda sudah sangat menjamur dan banyak sekali anak muda diluar sana yang sudah mencoba merintis bisnisnya.

Setelah melihat fakta diatas, banyak sekali mahasiswa yang memulai berbisnis sambil kuliah, ataupun merintis bisnis sampingan dengan alasan untuk menambah uang saku. Hal itu biasanya dikarenakan ingin mendapat penghasilan tambahan dan tidak ingin mengkamulkan uang dari orang tua. Dengan pintar membagi waktu, jeli melihat peluang, dan berani mengambil risiko, banyak sekali peluang bisnis yang bisa dicoba.

Apa saja kira-kira? Berikut beberapa peluang bisnis yang bisa mahasiswa coba.

1. Pulsa

Bisnis pulsa ini banyak dilirik mahasiswa karena tidak memerlukan modal yang besar. Pulsa yang dijual pun bukan hanya kuota internet saja, tapi juga bisa pulsa akun menonton film online dan musik digital. Bisnis menarik ini mudah dilakukan dan keuntungannya lumayan jika dilakukan dengan tekun. Walau terlihat mudah, namun berjualan pulsa tetap ada risikonya. Seperti adanya hutang pembayaran pulsa, apalagi kalau pelanggannya adalah teman atau saudara sendiri. Jadi perhitungkan kembali sebelum mulai berbisnis pulsa.

2. Mencoba bisnis Online shop

Pada bisnis ini, Kamu dapat menjual berbagai macam benda. Mulai dari makanan, pakaian, aksesoris, sepatu, dan lainnya. Jika belum bisa memproduksi sendiri, jadilah reseller atau dropshipper dari produk tersebut. Modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, namun hasilnya cukup besar. Untuk memperluas pasar, bergabunglah pada situs atau forum jual beli barang online.

3. Menjual Makanan atau Cemilan

Kamu suka membuat cemilan sendiri? Mengapa tidak coba menjualnya? Jual snack seperti macaroni kering, risoles, hingga donat dapat dilakukan dengan cara online. Saat karantina karena pandemi seperti ini hampir semua orang jenuh di rumah dan pasti membutuhkan cemilan. Kamu bisa mulai berjualan cemilan dengan membuka pemesanan dalam periode tertentu. Selama periode tersebut, Kamu dapat mempersiapkan bahan dan mulai mencicil produksi lalu mulai berjualan.

ads
ads

4. Menjadi Guru Les privat

Bagi mahasiswa yang merasa mampu menjadi tutor atau pengajar, mengapa tidak mencoba menjadi guru privat? Kamu bisa mengajar anak sekolah mulai dari SD, SMP, sampai SMA. Untuk mahasiswa jurusan ilmu eksak atau sains, bisa mengajarkan pelajaran kimia, biologi, fisika, dan matematika. Sedangkan untuk mahasiswa jurusan sastra, tentu pelajaran seperti bahasa Inggris atau Jepang bisa diberikan. Selain bisa menambah pendapatan, Kamu juga bisa memperdalam pelajaran di perkuliahan. Saat masa pandemi ini, Kamu bisa menggunakan teknologi tatap muka online dengan murid di rumah masing-masing.

5. Bisnis PPOB (Payment Point Online Bank)

Bisnis yang juga terbilang mudah ini cocok untuk dilakukan para mahasiswa. Hampir sama dengan berjualan pulsa, namun bedanya Kamu menjual jasa untuk membayar tagihan orang lain. Jika Kamu tinggal di daerah pelosok yang minim ATM atau kantor cabang bank tertentu, bisnis PPOB layak dicoba. Hanya dengan menjadi “loket pembayaran” bagi warga sekitar, Kamu dapat membidik keuntungan besar berdasarkan komisi yang didapat. Modalnya pun paling murah, karena hanya membutuhkan smartphone dan koneksi internet saja.

Bagaimana? Untuk poin nomor 5 membuat kamu tertarik untuk mencobanya? Yuk, bergabung dengan Lunasin, PPOB terpercaya dengan didukung teknologi yang canggih untuk menjamin usaha Kamu. Bagaimana sistem kerjanya? Pelajari lebih lanjut di sini.

Leave a comment