Info dan Tips

Berikut 5 Kesalahan Investasi Emas Bagi Investor Pemula

Emas memang merupakan investasi yang paling sederhana dan dinilai paling mudah untuk dilakukan jika dibandingkan dengan berinvestasi di pasar modal. Walau paling mudah, bukan berarti investasi emas luput dari kegagalan, lho.

Kegagalan dalam berinvestasi emas biasanya berasal dari kesalahan investor sendiri. Alih-alih ingin mendulang keuntungan, justru buntung yang didapat. Nah, bagi Kamu yang ingin berinvestasi emas, sebaiknya pelajari dulu beberapa kesalahan yang kerap dilakukan seperti berikut.

1. Tidak memantau update harga emas

Seringkali para investor pemula luput dengan update harga emas yang tidak stabil. Umumnya para investor pemula membeli emas ketika harganya sedang tinggi. Padahal bisa saja keesokan harinya harga emas turun walau sedikit. Jadi ketika Kamu ingin membeli emas batangan, sangat disarankan untuk memantau update harga emas tiap harinya. Hal ini akan mempermudah Kamu untuk menentukan kapan harus menjual dan membelinya kembali.

2. Membeli emas daur ulang (scrap gold)

Kamu pernah mendengar emas daur ulang? Emas daur ulang adalah emas tua yang biasanya berasal dari benda-benda elektronik. Emas tua ini diolah kembali oleh perajin emas dan nantinya dijual kembali. Harganya juga cukup terjangkau sehingga membuat banyak orang yang tertarik membeli perhiasan daur ulang. Walau sama-sama emas dan harganya cukup murah, risiko cacat produk tetaplah ada. Jadi ada beberapa perhiasan yang dibuat dengan cara daur ulang, hasilnya tidak terlihat menarik seperti emas baru. Jika Kamu ingin berinvestasi (bukan sekadar aksesoris saja), usahakan membeli emas batangan saja.

3. Tidak memperhatikan kemurnian emas

Hal ini biasanya terjadi jika Kamu berinvestasi dengan emas berbentuk perhiasan. Biasanya perhiasan tidak menggunakan emas murni, melainkan campuran dari logam lain seperti seng, tembaga, perak, palladium, dan dilapis oleh rodium. Kadar emasnya sendiri berkisar antara 41-75%. Apabila perhiasan tersebut dijadikan untuk investasi, tentu sangat disayangkan. Mengapa? Karena hanya emas batangan murni berkadar 99,99% dengan sertifikat resmi yang mudah dijual lagi.

4. Tidak ada tempat penyimpanan

ads
ads

Memiliki emas banyak tapi tidak memiliki tempat penyimpanan yang benar adalah suatu kesalahan fatal. Sangat disarankan sebelum memulai berinvestasi, Kamu miliki dulu tempat penyimpanan yang aman dan layak, karena logam mulia ini amat rawan dicuri. Bentuk emas batangan atau perhiasan yang cukup kecil sangat memudahkan orang jahat untuk mengambilnya. Maka bukan hal yang berlebihan jika Kamu menggunakan brankas di rumah untuk penyimpanan emas. Atau jika tidak ada, Kamu bisa menyewa tempat penyimpanan seperti di bank atau Pegadaian.

5. Membeli emas batangan dalam jumlah besar
illustrasi emas batangan

Mungkin kalimat di atas terdengar aneh, mengapa tidak boleh membeli terlalu banyak emas? Pasalnya, membeli emas dalam ukuran besar akan lebih sulit dijual ketimbang dalam ukuran kecil. Misalnya Kamu memiliki dua ukuran emas, 100 gram dan 5 gram. Jika Kamu menjual keduanya dalam waktu bersamaan, emas dengan ukuran 5 gram pasti akan lebih cepat laku dibanding dengan emas yang berukuran 100 gram. Sebagai saran, Kamu bisa membeli beberapa emas berukuran kecil dibanding langsung dengan ukuran yang besar.

Sebagai investor pemula, menghindari kesalahan dalam investasi emas adalah tindakan preventif yang bijak. Akan lebih bijak lagi jika Kamu menyiasati pembelian emas sesuai kondisi keuangan. Karena sejatinya investasi harus dilakukan ketika kondisi keuangan untuk pemenuhan kebutuhan hidup sudah tercukupi.

Jika Kamu ingin memulai investasi emas dengan cara mencari uang tambahan, bergabung dan daftar PPOB di Lunasin adalah ide yang bagus. Mengapa? Karena untuk bergabung di Lunasin tidak membutuhkan modal yang besar. Hasilnya pun menguntungkan karena komisinya cukup menarik.

Detail bisnis PPOB adalah bisnis pembayaran digital, yang berarti kamu bisa membayarkan tagihanmu ataupun tagihan tetangga sekitar untuk me Lunasin tagihan bulanan. Seperti tagihan Listrik, PDAM, BPSJ, Telkom hingga pembelian pulsa regular ataupun paket data.

Ingin tahu lebih banyak mengenai Lunasin?

Leave a comment