Info dan Tips

Emas ANTAM dan UBS, Berikut Perbedaannya

Emas batangan disinyalir jauh lebih menguntungkan untuk kita investasi dibanding dengan emas perhiasan. Hal ini dikarenakan emas batangan terdiri dari emas murni yang tidak dicampur oleh logam lain seperti pada emas perhiasan. Nah, di Indonesia, emas batangan sendiri diperjualbelikan oleh dua perusahaan, yakni ANTAM dan UBS. Apa bedanya?

Seperti yang sudah banyak diketahui, emas ANTAM diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk. Perusahaan ini sebelumnya berstatus BUMN, namun kemudian sahamnya dialihkan pemerintah menjadi anak perusahaan PT Inalum (Persero) sebagai anggota holding. Sedangkan UBS sendiri adalah emas yang dikeluarkan oleh PT Untung Bersama Sejahtera. Perusahaan swasta ini sudah berdiri sejak tahun 1981 di Surabaya sebagai pembuat perhiasan emas.

Kedua emas yang dikeluarkan Antam maupun UBS sama-sama memiliki kadar 99,99% dengan sertifikat resmi. Jadi jika Kamu ingin membeli salah satu dari emas batangan tersebut, produk yang didapatkan pasti asli. Adapun perbedaannya ialah sebagai berikut:

1. Perbedaannya di Sertifikat

Keduanya memang memiliki sertifikat resmi. Perbedaannya, sertifikat ANTAM mendapat jaminan kualitas dari lembaga sertifikasi berskala nasional dan global berupa akreditasi dari London Bullion Market Association (LBMA) sejak 1 Januari 1999 yang termasuk ke dalam Good Delivery List. ANTAM ini juga satu-satunya perusahaan di Indonesia yang memiliki sertifikat LBMA. Bagaimana dengan UBS? UBS juga memiliki sertifikat keluaran perusahaan sendiri. Jadi untuk emas pecahan 0,1 gram hingga 4 gram, sertifikat berbentuk kertas dengan emas yang terlaminasi. Lalu untuk pecahan 5 gram hingga 100 gram, sertifikat menggunakan kertas yang berhologram dan terpisah dari emas.

2. Ukuran berat antara emas Antam dan emas UBS

Emas keluaran ANTAM memiliki 12 pecahan emas batangan, yaitu mulai dari 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram, 500 gram, dan 1 kg. Sedangkan untuk emas keluaran UBS, ukuran beratnya lebih terbatas. Emas UBS memiliki ukuran 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram.

3. Perbedaan Ukuran dimensi

Dari segi dimensi, emas batangan Antam relatif lebih kecil dan tebal jika dibandingkan dengan emas UBS yang cenderung berdimensi lebih lebar. Walau berbeda dimensi, kadar emasnya tetap sama.

ads
ads

4. Ketersediaan Emas

Karena PT ANTAM memiliki pasar nasional, maka ketersediaan emas ada di gedung pusat ANTAM, Unit Bisnis ANTAM hingga reseller resmi ANTAM di seluruh Indonesia. Sedangkan PT UBS memiliki pasar Jakarta dan Surabaya, jadi ketersediaan emas batangannya tergantung dari stok yang ada. Emas UBS ini tidak memiliki pusat penjualan khusus seperti ANTAM. Namun keduanya dapat ditemukan dengan mudah di toko emas, Pegadaian, dan online marketplace.

5. Emas Antam Memiliki Harga Lebih Tinggi
ilustrasi emas batangan

Emas ANTAM memiliki harga lebih tinggi dibanding dengan emas UBS. Namun karena perbedaan harganya tidak terlalu jauh, Kamu tetap dapat menentukan pilihan apakah emas ANTAM atau emas UBS yang ingin dijadikan instrumen investasi.

Sudah menentukan pilihan atau masih ingin mencari ceruk keuntungan lain supaya bisa berinvestasi? Jika jawabannya adalah yang kedua, ada baiknya jika Kamu mencari penghasilan tambahan dengan menjadi Juragan di Lunasin.

Lunasin adalah PPOB resmi dan percaya yang sudah memiliki mitra kerjasama diseluruh Indonesia. Modal minim dan komisi yang menarik membuat Kamu bisa menabung untuk dijadikan investasi emas batangan yang diinginkan. Keuntungan bisnis PPOB salah satunya ialah kamu bisa bekerja dari rumah saja dengan sebuah smartphone.  

Tertarik bergabung bersama Lunasin? Daftar PPOB Lunasin sekarang!

Leave a comment