Info dan Tips

Jangan Lupa Selalu Cek Tagihan PDAM dan Meter Air Anda

Sudah merasa hemat air tapi saat cek tagihan PDAM angkanya tetap meningkat? Hmm mungkin Anda harus mencoba tips dan trik untuk hemat tagihan air PDAM versi Lunasin dan mempelajari cara membaca meter air PDAM. Dengan membaca meter air PDAM secara berkala, Anda bisa lebih hemat dan ketika cek tagihan PDAM di rumah, angkanya tidak membuat kaget lagi.

Tapi bagaimana caranya agar tagihan PDAM kita tidak membengkak?

Demi menghemat air agar saat cek tagihan PDAM bulanan tidak meningkat, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengecek meter air. Mengecek meter ialah kegiatan membaca indeks meter air yang terlihat pada register. Pembacaan meteran ini diperlukan untuk menentukan besarnya tagihan Anda tiap bulan berdasarkan volume pemakaian air.

Sebelumnya, Anda perlu mengetahui indikator apa saja yang ada pada register, seperti berikut:

  • Debit maksimum (Q4): debit paling tinggi dalam jangka pendek
  • Debit (Q): volume actual
  • Debit minimum (Q1): debit paling rendah
  • Debit nominal (Q3): debit tertinggi dalam kondisi kerja saat air sedang mengalir
  • Debit transisi (Q2): debit yang berada di antara debit minimum dan debit nominal
  • Volume actual (Va): total volume air yang melewati meteran air
  • Volume indikasi: jumlah volume yang ditunjukkan oleh meteran air
  • Kesalahan maksimum, kesalahan relative, dan kesalahan penunjukkan: merupakan kesalahan yang ditunjuk oleh meteran air
  • Kehilangan tekanan (∆p): kehilangan tekanan pada debit air yang telah ditentukan
  • Diameter nominal: rancangan pada ukuran komponen pipa

Nah, untuk mempermudah pelanggan mengecek meter air, maka diluncurkanlah aplikasi pembacaan meter secara online berbasis Android. Jadi baik petugas maupun pelanggan dapat sama-sama membaca dan mengecek meter air dengan seksama.

Jika tahun-tahun sebelumnya pembacaan meter air menggunakan alat Portable Data Terminal (PDT), maka sejak tahun 2015 silam dipermudah dengan aplikasi Android ini.

Petugas akan datang ke rumah pelanggan dibekali dengan mesin pencetak tagihan. Jadi setelah petugas membaca meter air melalui smartphone Android, tagihan bisa langsung dicetak dan diberikan pada pelanggan. Hal ini tentu dapat mempermudah dan memangkas waktu pengolahan data tagihan.
Aplikasi PPOB Resmi Lunasin membantu Anda untuk bisa cek tagihan PDAM Anda

Pelanggan seperti Anda pun juga bisa membaca meter air dengan aplikasi ini. Para pelanggan khususnya Palyja dapat melaporkan index meter melalui Whatsapp. Jadi ketika petugas mengunjungi rumah pelanggan namun ternyata kosong, pelanggan nantinya dapat memfoto meteran dan mengirimkannya melalui Whatsapp. Hal ini terbilang menguntungkan terutama ketika pandemi Covid-19 ini berlangsung. Semua hal dapat dilakukan online tanpa tatap muka, termasuk melaporkan catatan meter air. Dengan adanya pelaporan tersebut, tagihan dapat dipastikan sesuai dengan meter air yang digunakan selama sebulan.

Nah, ada cara lain untuk cek tagihan PDAM yang mudah, yaitu melalui aplikasi Lunasin. Aplikasi PPOB ini dapat membantu Anda untuk cek tagihan PDAM secara praktis dan serta merta langsung melunasinya. Tak hanya tagihan PDAM, jika Anda ingin mengecek dan membayar tagihan PPOB lain seperti listrik, BPJS, TELKOM, dan lainnya, Lunasin dapat Anda andalkan.

ads
ads

Oh iya, jangan lupa ya, untuk selalu tepat waktu membayar tagihan sampai dengan tanggal 20 tiap bulannya. Jika Anda belum membayar melewati lima hari setelah berakhir masa bayar yaitu tanggal 26, tentu akan dikenakan denda keterlambatan dan dilakukan pemutusan sementara jika masih belum ada proses pelunasan. 

Leave a comment