Info dan Tips

5 Siasat Agar Tagihan Listrik Tidak Membengkak

Tagihan listrik bulanan hampir menjadi kewajiban semua masyarakat Indonesia. Karena pada dasarnya kebutuhan listrik masih menjadi kebutuhan primer saat ini. Dari hal rumah tangga hingga badan usaha memerlukan produk listrik untuk sehari-hari dan oprasional.

Dengan adanya kebutuhan listrik yang pasti, biaya pembayaran tagihan listrik rumah merupakan salah satu biaya rumah tangga yang perlu Anda perhitungkan. Karena jika tidak, pengeluaran perbulan Anda akan membengkak dan akan merusak pos-pos kebutuhan lain.

Saat Anda cek Tagihan listrik PLN memang kadang menjadi hal yang menakutkan ketika akhir bulan tiba. Pasalnya seperti pembahasan diatas, listrik adalah suatu kebutuhan rumah tangga yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan kita sehari-harinya.

Selalu kontrol penggunaan dan tagihan listrik Anda

Jika kita telaah lebih dalam, karena hampir semua barang rumah tangga membutuhkan listrik sebagai penggeraknya. Mulai dari lampu, AC, TV, mesin cuci, setrika, rice cooker, microwave, hingga vacuum cleaner. Dari banyaknya peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik, tentu Anda sudah terbayang berapa besar tagihan yang akan datang tiap bulannya.

Surat tagihan listrik PLN memang akan datang pada akhir bulan dengan angka sesuai pemakaian. Dan batas akhir Anda dalam membayarkan tagihan listrik PLN adalah ditiap tanggal 20. Jika Anda membayarkan tagihan listrik lebih dari tanggal 20, maka akan dikenakan denda oleh PLN.

Namun Anda tidak perlu cemas jika mengikuti tips siasat cerdas menghemat tagihan listrik bulanan dari Lunasin. Seperti apa? Yuk, kita simak bersama:

1. Buat desain rumah yang hemat energi

Bagi Anda yang akan membangun rumah, sedini mungkin ciptakan konsep hunian yang hemat energi dan ramah lingkungan. Misalnya dengan memperbanyak bukaan seperti jendela atau ventilasi sehingga cahaya dapat bebas masuk tanpa harus menyalakan lampu di siang hari. Ventilasi ini pun berguna agar sirkulasi udara di rumah Anda berjalan dengan lancar. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi menyalakan AC terlalu sering.

ads
ads

2. Pilih daya listrik sesuai kebutuhan rumah Anda

Beda daya listrik tentu beda pula harga per kWh listriknya. Jadi perkirakan berapa banyak barang di rumah Anda yang menggunakan listrik, baru hitung kira-kira berapa daya listrik yang dibutuhkan. Maka untuk lebih hematnya, pilihlah peralatan elektronik yang hemat energi dengan harapan tagihan listrik rumah Anda tidak terbuang sia-sia.

3. Pilih peralatan rumah tangga yang hemat listrik

Anda dapat menggunakan berbagai peralatan rumah tangga yang hemat listrik agar dapat menekan biaya tagihan listrik. Kini sudah banyak produk elektronik yang menawarkan fitur hemat listrik sekaligus ramah lingkungan. Sebagai contoh, pilihlah TV dengan menggunakan teknologi LED yang lebih hemat listrik bila dibandingkan dengan LCD TV. Atau jika ingin membeli microwave, pilih yang memiliki konsumsi daya rendah.

4. Cabut steker dari colokan jika tidak perlu

Cabut steker peralatan listrik dari colokan agar arus listriknya tidak terus mengalir. Hal ini tentu akan mengurangi konsumsi listrik sehari-hari. Misalnya saja mencabut charger smartphone ketika sedang tidak digunakan.

5. Gunakan alat penghemat listrik

Supaya lebih hemat, gunakan energy saver atau alat penghemat listrik pada rumah Anda. Alat ini dapat menekan biaya pemakaian listrik hingga 40 persen, lho. Berbentuk kapasitor mini yang berfungsi untuk menekan jumlah arus boros pada peralatan listrik yang terpasang.

Dengan mengikuti beberapa tips di atas, tagihan listrik Anda per bulannya akan lebih hemat dan terjaga. Hidup jadi terasa lebih mudah, kan? Nah, jika hidup Anda ingin semakin mudah, bergabung dan daftar PPOB Lunasin saja. Di Lunasin, Anda tidak hanya praktis membayar tagihan listrik lewat hp per bulan saja, namun juga mampu meraup keuntungan keuangan yang cukup besar lho.

Hanya dengan membayarkan tagihan pelanggan-pelanggan Anda, komisi atau fee pun bisa Anda raih. Penasaran bagaimana caranya? Cek info lengkapnya dibawah ini ya.

---------

Dapatkan informasi terbaru LUNASIN hanya di akun media sosial resmi di Instagram, Facebook, Twitter, Youtube Channel dan Linkedin!

 

Leave a comment