Info dan Tips

Pilih Mana Bayar Tagihan Listrik VS Beli Token Listrik

Selama karantina di rumah, hal yang kadang terlupakan adalah penggunaan produk listrik PLN tiada henti tiap harinya. Pasalnya, hampir setiap detik daya listrik digunakan. Mulai dari kebutuhan pekerjaan seperti komputer, wifi, dan charge smartphone berkali-kali, hingga kebutuhan rumah tangga seperti menyalakan AC, mesin cuci, setrika, rice cooker, dan lainnya. Bagaimana mungkin tidak menggunakan listrik tiap detiknya?

Maka hal yang perlu dilakukan adalah selalu Bayar tagihan listrik bulanan Anda tepat waktu sebelum tanggal 20. Kadang ketika selesai cek dan bayar tagihan listrik dan ternyata hasilnya membengkak, keinginan untuk mengganti ke listrik prabayar (token) pun menjadi nyata. Nah, sebelum Anda memutuskan ingin berhemat dengan cara pindah ke prabayar, sebaiknya ketahui dulu apa perbedaannya dari segi kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu, Anda akan lebih bijak menggunakan listrik. Selain listrik Prepaid dan Postpaid, Anda juga bisa menambahkan daya listrik seperti penambahan listrik nontaglis yang sudah kami kupas artikelnya

Lalu apa perbedaannya? Simak penjelasan berikut.

1. Listrik pascabayar atau Postpaid

Listrik pascabayar adalah listrik yang pembayaran tagihannya terlihat pada akhir bulan sesuai dengan penggunaan daya yang digunakan. Pembayaran listrik pascabayar ini bisa dilakukan melalui bank atau loket pembayaran seperti PPOB resmi Lunasin.

Kelebihan dari listrik pascabayar adalah daya listrik yang selalu tersedia hingga tenggat waktu pembayaran pada akhir bulan. Selain itu dengan menggunakan listrik pascabayar, Anda tidak perlu repot melakukan isi ulang token listrik/pulsa listrik jika sewaktu-waktu kehabisan listrik. Lebih aman untuk Anda yang memiliki usaha di rumah dan membutuhkan daya listrik yang terus menerus ada.

Jika Ada kelebihan, sekarang kita bahas ada pula kekurangannya menggunakan listrik Pascabayar. Listrik pascabayar ini dapat membuat kita lupa diri sehingga pemakaiannya dapat melampaui batas. Lalu jika ada penunggakan listrik, akan terkena denda dan PLN akan memadamkan jika tidak kunjung diselesaikan pembayarannya. Anda pun juga disarankan untuk selalu jeli membandingkan jumlah biaya pembayaran listrik tiap bulan dari struk tagihan dengan jumlah yang tertera pada meteran listrik. Hasilnya bisa saja ada selisih, sehingga Anda harus melaporkan kepada petugas.

2. Listrik prabayar atau Prepaid

Biasanya dikenal dengan token listrik. Sistem pemakaianya seperti membeli pulsa kuota smartphone. Jadi isi token listrik sesuai dengan nominal yang diinginkan, lalu Anda dapat menggunakan listrik hingga habis. Saat ini nominal yang berlaku mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 2.000.000.

ads
ads

Kelebihan dari listrik prabayar ini adalah Anda dapat mengontrol pemakaian listrik tiap harinya sesuai dengan anggaran. Selain itu tidak akan terkena biaya keterlambatan pembayaran. Nah, bagi Anda yang memiliki usaha rumah kontrakan, listrik prabayar ini cocok digunakan. Selain itu, listrik prabayar tentunya tidak ada sanksi denda pemutusan, tidak ada pencatatan meter yang kadang mengganggu privasi beberapa orang, dan tidak ada batas masa aktif selama Kwh masih ada.

Nah, kekurangannya adalah kesiapan Anda jika sewaktu-waktu listrik habis, harus ada voucher cadangan agar tidak langsung mati. Karena sebelumnya akan ada alarm pemberitahuan ketika listrik sudah tinggal 10 kWh.

Jadi ketika daya listrik akan habis namun Anda membutuhkan listrik segera, mau tidak mau harus membeli segera voucher sesuai kebutuhan. Tetapi hal ini bisa diakali dengan Anda bergabung dan mencoba aplikasi PPOB resmi dan terpecaya Lunasin. Anda bisa beli token listrik online kapan dan dimanapun, dan menariknya lagi aka nada komisi atau cashback yang bisa Anda dapatkan ditiap-tiap pembelian token listrik PLN.

Aplikasi PPOB resmi Lunasin, membantu Anda dalam membeli token kapan dan dimanapun

Anda lebih memilih yang mana? Pascabayar atau prabayar? Apapun pilihan Anda, gunakanlah listrik dengan bijak dan hemat. Jadi ketika Bayar tagihan listrik atau membeli token prabayar, Anda tidak kaget lagi dengan pemakaian selama ini.

---------

Dapatkan informasi terbaru LUNASIN hanya di akun media sosial resmi di Instagram, Facebook, Twitter, Youtube Channel dan Linkedin!

Leave a comment