Info dan Tips

7 Tips Hemat Agar Bayar Tagihan Listrik Bulanan Tidak Melonjak

Ketika Anda sedang cek dan bayar tagihan listrik PLN bulan ini tetapi ternyata biayanya melonjak, pasti yang terpikir dalam benak Anda adalah segera memulai untuk coba hemat listrik bulanan Anda. Penghematan listrik sebetulnya adalah jargon yang dari dulu sudah digaungkan oleh pemerintah.

Pasalnya, penghematan listrik bukan hanya untuk menahan tagihan listrik rumah Anda agar tidak melonjak saja, namun juga untuk sisa pasokan energi untuk menghasilkan listrik perlahan akan habis di masa depan.

Walaupun faktanya ialah, kita sangatlah ketergantungan dalam kehidupan sehari-hari. Dari pemakaian rice cooker, Air, hingga hiburan seperti menonton tv membutuhkan listrik. Namun bukan berarti kita tidak bisa menyiasati tagihan listrik bulanan kita agar tidak membengkak.

Akibat tidak hemat dalam penggunaan listrik, tagihan listrik bulanan rumah Anda menjadi membengkak

Sering kali kita tidak sadar bahwa untuk bisa menghemat tagihan listrik PLN, tidak selalu harus melakukan hal-hal yang merepotkan, kadang sekedar mematikan lampu rumah yang tidak digunakan sudah cukup untuk kita bisa menghemat energy listrik.

Tentu selain mematikan lampu rumah yang tidak dipakai, ada banyak sekali tips-tips yang bisa Anda lakukan dan coba dirumah, kami telah merangkum beberapa tips mudah hemat tagihan listrik rumah Anda berikut ini.

Berikut tips dan trik mudah yang bisa Anda lakukan untuk hemat tagihan listrik oleh Lunasin:

1. Coba Mulai Beralih ke listrik prabayar atau Token.

Jika Anda beralih ke listrik prabayar, tentu tidak perlu repot lagi cek tagihan listrik seperti pengguna pascabayar. Penggunaan token disinyalir lebih efektif untuk menghemat pemakaian listrik. Dengan listrik prabayar, Anda tidak perlu khawatir pemakaian listrik akan berlebihan karena akan sesuai dengan token yang sudah dibeli. Ngomong-ngomong soal beli token listrik, Anda bisa lho membelinya di Lunasin. Yup, selain bisa bayar tagihan listrik pascabayar, beli token prabayar maupun biaya penambahan tagihan listrik seperti PLN nontaglis pun dapat Lunasin lakukan.

ads
ads

2. Gunakan AC yang hemat listrik.

Kini sudah banyak model AC yang menawarkan fitur hemat listrik. Anda bisa pilih merk dan model yang sesuai dengan ruangan. Selain menggunakan AC yang hemat energi, Kementrian ESDM juga menyarankan agar mengatur suhu AC berada pada 25 derajat Celcius dan tidak terlalu sering membuka pintu ruangan ketika AC sedang menyala. Hal ini akan jauh lebih memaksimalkan kinerja AC dan tentu, hemat listrik!

3. Jangan selalu ketergantungan oleh AC, cobalah memanfaatkan udara luar sesekali.

Matikan AC ruangan Anda, dan cobalah manfaatkan udara luar sesekali

Anda dapat meminimalisir penggunaan AC dengan cara membuat ventilasi udara yang baik. Ventilasi yang baik dapat mengalirkan cahaya dan udara luar yang segar sehingga penggunaan AC, kipas angin, dan lampu akan lebih minim. Supaya udara tersaring lebih baik, tanamlah tanaman hijau seperti pohon atau pot-pot tanaman. Selain udara yang dihasilkan lebih segar, mata kita pun akan lebih nyaman dan tidak silau.

3. Beralih menggunakan lampu LED

Alat listrik yang paling banyak ada di rumah adalah lampu, karena setiap ruangan pasti ada penerangan. Untuk lebih menghemat listrik, dari dulu masyarakat sudah disarankan untuk mengganti bohlam dengan neon. Kini, disarankan juga untuk menggunakan lampu LED dengan daya listrik yang rendah dan lebih hemat. Penerangannya pun lebih maksimal. Jangan lupa juga untuk mematikan lampu ketika ruangan tidak digunakan.

4. Bijak menggunakan kulkas

Kulkas harus diperhatikan dalam penggunaannya di rumah. Hindari mengisi kulkas terlalu penuh, karena kulkas akan menyesuaikan suhu dengan banyaknya makanan yang ada di dalamnya. Juga hindari kebiasaan membuka pintu kulkas dalam waktu yang lama karena mesin kulkas akan bekerja lebih keras untuk menyesuaikan suhu di dalam dan luar kulkas. Pada akhirnya konsumsi listrik akan lebih banyak.

5. Jika memungkinkan beralih dan gunakan TV LED

Sejauh ini, TV dan monitor LED disinyalir bisa menghemat pemakaian listrik dibanding dengan TV non-LED. Sama seperti lampu, harga TV LED memang lebih mahal, tetapi keawetan dan hemat listriknya jauh menandingi dibanding TV lain. Untuk penggunaannya, walau hemat energi, tetap saja Anda lebih baik mematikan TV ketika sedang tidak digunakan, ya.

6. Manfaarkan dan gunakanlah sumber daya alternatif

Mulai lirik panel tenaga surya untuk lebih bisa hemat daya listrik

Bagi Anda yang rumahnya banyak menggunakan listrik, bagaimana jika beralih ke sumber daya alternatif seperti panel surya? Panel surya tidak memerlukan bahan bakar lain, maka tidak akan menghasilkan emisi gas. Selain itu, kapasitasnya pun dapat diatur sesuai dengan modul yang dipasang. Jadi Anda tidak akan kelebihan atau kekurangan asupan listrik.

Nah itulah 6 tips hemat listrik sederhana yang mungkin salah satunya bisa Anda praktikan dirumah agar saat bayar tagihan listrik PLN bulanan Anda tidak besar. Anda juga bisa memanfaatkan peluang mendapatkan penghasilan tambahan bulanan dengan mulai dan daftar PPOB resmi Lunasin.

Jika Anda masih awam dan tidak mengetahui apa itu bisnis PPOB, bisnis PPOB adalah bisnis pembayaran online digital, yang mana Anda bisa melakukan pembayaran tagihan seperti tagihan listrik PLN, PDAM, Telkom, BPJS dan lain-lain sebagainya.

Menariknya ialah, jika Anda mulai dan daftar PPOB resmi Lunasin, Anda akan mendapatkan komisi besar ditiap Anda melakukan transaksi atau pelunasan tagihan, tidak tanggung-tanggung, komisi yang bisa Anda dapatkan hingga 80% lebih.

Mulai & daftar PPOB resmi Lunasin sekarang! Untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan bulanan

Untuk memulai bisnis PPOB resmi, Anda hanya perlu persiapan alat bisnis PPOB seperti alat computer dan printer. Tetapi menariknya jika Anda mendaftar PPOB Lunasin, Anda juga sudah bisa memulai bisnis PPOB hanya dengan bermodalkan handphone dan menginstall aplikasi PPOB Lunasin. Mudah kan? Tentu saja!

Kita ambil contoh seperti bayar tagihan listrik atau pembelian token listrik saja. Jika setiap hari ada warga yang membeli token listrik 5 kali, kalikan 30 hari saja total ada sekitar 150 pelanggan yang melakukan pembelian token listrik, komisi yang bisa Anda dapatkan bisa ratusan ribu. Belum lagi dari warga yang bayar tagihan listrik bulanan, atau tagihan air, BPJS dan sebagainya. Semakin banyak transaksi, maka Anda bisa raih keuntungan besar dari bisnis PPOB online.

Manfaatkan warung Anda untuk bisa menambah produk pembayaran PPOB terlengkap dari Lunasin

Keunggulan dari aplikasi PPOB lunasin adalah, banyaknya fitur-fitur modern yang bisa Anda manfaatkan. Seperti apa fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi PPOB Lunasin? Kami akan menjabarkannya sebagai berikut ini:

  • Multi admin: Kamu bisa menentukan berapa biaya admin tagihan yang dibebankan kepada konsumen kamu, yang tentunya kamu sendiri bisa menentukan berapa keuntungan komisi/fee yang mau pelanggan dapatkan dari tiap-tiap transaksi. Untuk lebih jelas mengetahui mekanisme transaksi PPOB dengan menggunakan fitur multi admin, kami sudah membuatkan video tutorialnya, yang bisa kamu lihat dengan mengklik tautan ini.
  • Cetak Ulang Transaksi: Bagi konsumen kamu yang membutuhkan bukti struk tagihan kemarin ataupun bulan lalu, aplikasi Lunasin bisa mencetakan ulang transaksinya. Karena semua database transaksi masih tercatat di server dan tidak ada penghapusan data transaksi. Jadi tidak perlu bingung jika nanti ada pelanggan kamu yang minta cetak ulang struk PPOB ya.
  • 1 ID Akun 1 Perangkat akses: Sistem keamanan yang dimana pelanggan ketika mendaftar akan mendapatkan kode loket untuk akses aplikasi. Ketika kamu telah mengakses kode itu lewat 1 perangkat Komputer atau PC. Maka kode loket tersebut sudah tidak bisa pelanggan gunakan dikomputer lain. Walaupun dengan kode loket dan password yang sama. Hal ini dapat meminimalisir orang yang tidak bertanggung jawab yang tahu kode loket dan password pelanggan. Dan mencoba login dikomputer berbeda.
  • Tiket Deposit Otomatis: Fitur unggulan lainnya ialah tiket deposit otomatis. Dimana hal ini menjadi isu nasional khususnya dibidang PPOB. Kendala utamanya ialah lamanya proses deposit saldo kepusat. Kadang tidak selalu saldo kita lama ter-topup padahal kita sudah melakuka top up deposit 1 jam lamanya. Di aplikasi PPOB Lunasin. Kami menyediakan tiket deposit yang gunanya, ketika pelanggan mengunakan fitur tersebut. Dan mentransfer dengan sama nominal seperti yang di topup di tiket deposit. Maka otomatis deposit saldo pelanggan akan langsung tertopup secara realtime. Dan tidak memerluka waktu lagi. Sehingga tidak mengganggu operasional loket. Penasaran untuk mengetahui caranya melakukan tiket deposit: Klik disini
  • Laporan Transaksi: Fitur ini memungkinkan pelanggan untuk memantau transaksi-transaksi mana saja yang sudah pelanggan lunasin. Semua produk, tanggal, jam hingga status tercatat secara realtime diaplikasi.

PPOB resmi Lunasin sudah memiliki lebih dari ribuan para UMKM diseluruh Nusantara. Maka tidak perlu lagi ragu untuk bergabung menjadi salah satu sahabat Lunasin sekarang, kapan lagi bayar tagihan listrik PLN bulanan, bisa dapat komisi! Yuk mulai bisnis dan daftar PPOB Lunasin sekarang!

---------

Dapatkan informasi terbaru LUNASIN hanya di akun media sosial resmi di Instagram, Facebook, Twitter, Youtube Channel dan Linkedin!

Leave a comment