Info dan Tips

Ternyata Inilah Perbedaan TV Berlangganan vs TV Satelit

Tahukah Anda, bahwa saat ini masyarakat yang khususnya tinggal diperkotaan sudah banyak beralih ke TV berlangganan ketibang menggunakan TV satelit biasa?

Tentunya hal ini dikarenakan saat ini dunia masih dimasa pandemi, masyarakat pun turut diimbau untuk lebih sering berkegiatan dari rumah saja dan juga menahan diri untuk keluar rumah jika tidak terlalu penting. Nah, sering berada di rumah seperti saat ini tentu semakin lama, semakin membosankan, ya. Untuk menepis kebosanan dan kerinduan dengan bioskop, tentu menonton TV.

Pilihan channel tv beragam jika berlangganan tv kabel dirumah Anda

Hampir setiap rumah kini memiliki TV. Karena tidak hanya bisa menghibur, dengan menonton TV juga bisa mendapat berbagai informasi menarik. TV saat ini juga semakin berkembang. Kita tidak hanya bisa memanfaatkan hiburan dan informasi dari TV gratis, tetapi juga dari TV berlangganan atau berbayar.

Walau dari segi ekonomis lebih menarik TV gratis, namun TV berlangganan memiliki kelebihan yang menguntungkan dibanding TV gratis. Dengan banyaknya produk provider penyedia jasa berlangganan tv kabel, masyarakat pun bisa lebih leluasa dalam memilih dan menyeleksi mana produk tv kabel murah dan terlengkap pilihan channel stasiun.

Pada TV berlangganan sendiri, terdapat dua jenis media penyiaran, yaitu media satelit dan media kabel. Nah apasih bedanya diantara keduanya? Apa saja keunggulan dari tv berlangganan ketibang siaran tv channel yang gratis. Biar Anda tidak salah dalam memilih, mari kita bedah bersama:

1. Kualitas sinyal Tv Satelit lebih unggul.

Tv satelit lebih bisa memberikan sinyal yang baik dan stabil

Dari segi kualitas sinyal, TV satelit lebih baik dibanding TV berlangganan. Mengapa? Karena TV satelit hanya menggunakan sinyal digital saja. Walau dengan ukuran parabola kecil saja, TV satelit mampu menghasilkan gambar yang jernih. Lalu pada TV berlangganan atau TV kabel, sinyal digital digabungkan dengan analog, sehingga kapasitas kabel harus terbagi. Itulah yang menyebabkan gambar pada TV kabel tidak sebaik TV satelit.

ads
ads

2. Perangkat pendukung.

Pada bagian perangkat pendukung, TV kabel disinyalir lebih baik karena hanya membutuhkan kabel coaxial sebagai penghantar jaringan dan STB (Set Top Box) digital. Nah, sedangkan pada TV satelit, Anda memerlukan receiver digital dan sebuah antenna parabola untuk menangkap jaringan digital dari satelit. Kedua perangkat ini mempunyai dua fungsi yang sama namun jenisnya berbeda.

3. Jumlah pilihan channel.

Tv Kabel memberikan pilihan channel tv lebih banyak dan lengkap

Channel tv atau saluran menjadi perbedaan yang cukup signifikan antara TV kabel dan TV satelit. TV satelit hanya mampu menayangkan maksimal 250 channel dan dapat bertambah sesuai dengan transponder satelit. Sedangkan TV kabel memiliki channel yang cukup banyak, bisa sekitar 300-400 channel.

4. Cakupan penggunaan.

Biasanya, TV kabel banyak digunakan di kota dan daerah perkantoran. Hal ini dikarenakan jangkauan area dibatasi oleh jarak antara kantor penyedia layanan TV kabel tersebut. Ada pun beberapa area yang tidak dijangkau oleh penyedia layanan TV kabel A namun ternyata terjangkau oleh TV kabel B. Maka kini kantor penyedia layanan TV kabel berlomba-lomba untuk memasarkan layanannya pada pusat perkotaan. Sedangkan untuk satelit, tidak ada batasan area. Jadi baik mereka yang tinggal di tengah kota maupun pedesaan, sama-sama bisa menikmati tayangan melalui TV satelit.

5. Perbandingan harga antara keduanya.

Tv kabel bisa memberikan harga yang lebih murah ketibang tv satelit

Jika dilihat dari segi harga, TV kabel tentu jauh lebih murah dibandingkan TV satelit. Walau begitu, saat ini penyedia jasa layanan TV baik satelit maupun kabel terus berusaha menawarkan paket berlangganan yang menarik. Seperti jumlah ketersediaan channel, bundling dengan internet wifi, hingga harga yang terjangkau.

Setelah membaca kelima poin diatas, manakah yang Anda pilih? TV kabel atau TV satelit? Pastikan pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda mempertimbangkan kualitas gambar, TV satelit bisa dijadikan pilihan.

Namun jika Anda ingin yang praktis dengan paket menggiurkan, TV kabel lebih cocok untuk Anda. Hal terpenting lainnya, selalu bayar TV berlangganan Anda baik kabel maupun satelit, secara tepat waktu, ya. Jangan sampai telat dan menunggak karena akan tayangan akan diputus sewaktu-waktu.

Tentunya jika Anda menjatuhkan untuk beralih berlangganan Tv kabel, akan ada biaya perbulan yang harus Anda lunasin. Tapi tentunya jangan kuatir, pilihlah penyedia Tv berlanggan murah dan servis yang memuaskan.

Tapi tidak perlu repot-repot untuk membayarkan tagihan tv berlangganan Anda. Anda bisa menggunakan aplikasi PPOB resmi Lunasin untuk memudahkan Anda membayarkan tagihan apapun secara online, realtime dan menariknya aka nada cashback setiap Anda bayar tagihan tv berlangganan Anda. Tidak percaya? Kujungi saja website officialnya Lunasin sekarang.

---------

Dapatkan informasi terbaru LUNASIN hanya di akun media sosial resmi di Instagram, Facebook, Twitter, Youtube Channel dan Linkedin!

Leave a comment