Tips Bisnis

5 Cara Sukses Anak Muda Jalankan Bisnis Usaha Rumahan

Jiwa anak muda jika ditawarkan untuk bersenang-senang, tentu tidak akan menolak. Bagaimana jika ditawarkan untuk sukses dari usia muda? Pasti juga tidak menolak. Salah satu caranya adalah dengan mencari penghasilan sendiri misalnya dari Bisnis usaha rumahan. Tetapi siapkah untuk menjalani beragam suka dukanya berbisnis?

Menjalankan hidup di usia muda memang terlihat lebih banyak senangnya dibanding susahnya. Senangnya ketika mendapat penghasilan, lalu dihamburkan tanpa ingat hari esok. Padahal salah satu kunci sukses adalah harus bersusah payah terlebih dahulu, baru bersenang-senang kemudian.

Menjadi sukses memang banyak yang akan dikorbankan. Tapi tentu hasilnya juga sebanding dengan kesuksesan yang diraih. Jika Anda masih muda dan ingin sukses, yuk ikuti beberapa cara berikut ini.

1. Siapkan mental pengusaha

Berbisnis memang bisa dibilang sulit dan butuh kesiapan mental. Anda pernah mendengar istilah ‘mental pengusaha’? Mental pengusaha ada beberapa karakter, salah satunya adalah pantang menyerah. Nah, mumpung masih muda, pupuk semangat dan siapkan mental dari sekarang. Karena jika disiapkan dari sekarang, saat ada masalah bisnis menghadang, Anda tidak patah semangat dan terus berjalan.

2. Bangun usaha rumahan dengan baik

Menjalankan usaha rumahan bukan berarti usaha remeh. Ingat, banyak bisnis besar seperti Facebook yang berasal dari rumah. Jadi jika Anda merasa kecil hati karena usaha yang yang dirintis saat ini hanya skala kecil dan rumahan, tengok kembali perjalanan hidup para pengusaha besar. Amati cara membangun atau mencari ide usaha rumahan ala mereka dan aplikasikan ke usaha Anda. Ada banyak sekali pengalaman dan pelajaran berharga yang bisa diambil.

3. Jangan terlalu terbawa tren

Menjadi kekinian boleh-boleh saja, asalkan tidak terbawa arus. Tren pasti akan berubah tiap tahunnya dan anak muda banyak sekali yang berusaha mengikutinya supaya tidak ketinggalan. Karena tren tersebut adalah gengsi bagi para anak muda. Untuk sukses, terutama finansial, Anda tidak disarankan untuk ikut-ikutan tren.

ads
ads

Apalagi jika Anda memiliki dan sudah memulai usaha rumahan kecil-kecilan. Memiliki uang hasil keringat sendiri kadang membuat “khilaf” ingin mengikuti tren dan membeli barang yang kurang dibutuhkan. Cukup dengan mengetahui saja tren apa yang sedang hits, dan pertimbangkan apakah perlu memiliki barang tersebut atau tidak.

4. Sebaiknya jangan miliki kartu kredit

Seorang perencana keuangan pernah mengakui bahwa saat ini ia sama sekali tidak menggunakan kartu kredit. Mengapa? Karena tidak ingin impulsif menggunakannya dan terjebak dalam hutang yang besar. Jika Anda masih belum bisa mengontrol keuangan sendiri, sebaiknya hindari penggunaan kartu kredit. Namun jika merasa sudah bisa bertanggung jawab, silakan pergunakan sebaik-baiknya. Ada beberapa orang yang menyarankan penggunaan kartu kredit untuk usaha. Jadi dengan adanya kartu kredit, disinyalir akan memudahkan pembelanjaan modal. Namun, sekali lagi, jika merasa belum bertanggung jawab dengan pengelolaan hutang kedepannya, sebaiknya hindari kartu kredit.

5. Mulai belajar berinvestasi

Investasi sejak muda, mengapa tidak? Sukses di masa depan berawal dari investasi di usia muda. Salah satu jenis investasi yang bisa Anda coba ialah reksa dana dan emas. Mengapa kedua produk ini direkomendasikan?

Karena risikonya minim jika dibandingkan dengan investasi saham atau bitcoin. Sisihkan beberapa persen pendapatan hasil usaha Anda untuk berinvestasi. Walau investasinya sedikit, setidaknya ada modal yang sudah Anda siapkan di kemudian hari, kan?

---------

Dapatkan informasi terbaru LUNASIN hanya diakun media sosial resmi di Instagram, Facebook, Twitter, Youtube Channel dan Linkedin!

Leave a comment